3 Hal yang Mungkin Orang Ga Tau Tentang Private English Teacher

Tahun 2014-2016 gw ngajar bahasa Inggris di EF English First.  Di sini gw dapet segudang pengalaman tentang classroom teaching (ngajar satu grup siswa).  Di awal 2017 gw mulai doing private one-to-one teaching (ngajar privat yang siswanya cuma seorang) full time.  Menurut gw ada tiga hal yang mungkin orang ga tau tentang kerjaan ini.

 

Menjanjikan

Maksud gw, pasarnya makin banyak.  Kalo kata gw, akses internet yang makin gampang, traveling yang makin sering dan kompetisi kerja yang makin tinggi ngebuat orang makin sadar pentingnya belajar Bahasa Inggris.  Tapi makin ke sini kebutuhan English learner jadi makin spesifik, jadi mereka pengen belajar sesuai sama yang mereka butuhin aja.  Classroom teaching di tempat les kurang bisa maksimal nyediain hal itu.  Ditambah lagi mecet jalan yang makin menjadi-jadi ngebuat mreka lebih pengen ngatur sendiri jam sama tempat les nya.  Biasanya, hal-hal ini yang jadi alesan kenapa murid-murid gw pengen les privat.

 

Cocok-cocokan

Maksud gw, karena hanya ada gw dan si murid, proses pencocokan karakter jadi lebih intense dibanding classroom teaching.  Ketidakcocokan akan terasa jelas dan sangat menghambat proses belajar mengajar.  Sedangkan di classroom teaching, kalo satu murid ga cocok dengan teaching style guru, dia bisa terbantu dengan peer teaching (siswa saling mengajari) atau group work.  Menurut pengalaman gw, proses guru beradaptasi dengan learning style murid dan murid beradaptasi dengan teaching style guru terjadi di 4 kali pertemuan pertama.  Empat pertemuan ini pun harus rutin agar guru dan murid tidak lupa dengan suasana proses belajar di pertemuan sebelumnya.  Ada beberapa siswa yang kebetulan ga bisa ketemu rutin karena kesibukannya dan itu mengakibatkan gw dan mereka susah nemuin titik tengah gaya belajar mengajar.  Padahal beberapa di antara mereka adalah teman-teman gw yang gw kenal baik di luar kelas.  Selain pertemuan yang ga rutin, tantangan dalam beradaptasi jadi semakin tinggi ketika murid berasal dari background yang ga sering gw temui.  Contoh yang gw alamin adalah murid dengan kebutuhan khusus dan murid yang bahasa ibunya bukan Bahasa Indonesia.

 

Spesifik

Maksud gw, kebutuhan belajar mereka lebih spesifik dibanding mereka yang pilih classroom teaching.  Mereka hanya ingin belajar sesuatu yang practical atau langsung berhubungan dengan situasi yang mereka sering temui.  Contoh, gw pernah ngajar penyanyi ya dia hanya pengen belajar bahasa Inggris yang dia akan pake saat dia jamming dengan musisi lainnya atau saat dia interview dengan international media.  Dia ga butuh belajar expressions to order food in a restaurant. Contoh lainnya pas gw ngajar ibu rumah tangga yang anak-anaknya sekolah di luar negri.  Dia hanya ingin belajar topik-topik yang bisa dia pake ketika dia ngobrol sama guru atau orang tua teman-teman anaknya.  Pengajaran semacam ini masuk ke English for Specific Purpose yang emang nuntut guru untuk pintar dan kreatif dalam mencari materi belajar yang spesifik dan practical.  Sama persis dengan pengajaran bahasa Inggris untuk siswa SMK yang idealnya hanya fokus dengan bahasa Inggris yang akan dipakai di jurusanya.

 

All in all, there are more to doing private teaching and I can earn more than what I expected.  Makanya gw pengen terus banyak belajar dan mulai banyak sharing biar profesi ini pelan-pelan ga dipandang sebelah mata.

Advertisements

… nangis lagi.

Suatu siang yang gerah di toko make-up Ramasinta.

Shopkeeper: “Eye liner nya mba…”

Gw: “Ga mba, masih ada.”

Shopkeeper: “Cobain yang ini deh. Waterproof dan udah sering dipake sama dokter kulit.”

Gw: “Dokter kulit mana?”

Shopkeeper: “Hmm.. Hmm.. Amerika.”

Gw: “Oh.”

Shopkeeper: “Nih mba liat dulu. Liat nih saya coba oles ke tangan nih terus saya kasih air trus saya gosok-gosok. Tuh kan ga ilang.”

Gw: “Wah.”

Shopkeeper: “Chuchok mba. Jadi kalo dipake seharian aman. Kalo mba nangis juga ga akan beleber.”

(Shopkeeper lalu acting nangis)

Gw: “Hati saya udah sering disakitin mba. Udah ga bisa nangis lagi.”

(Shookeeper berhenti acting lalu hening)

3 Solusi Menghadapi Orang yang Cuma Mau Didengerin Tapi Ga Mau Ngedengerin

Orang bijak mengatakan, “Cara tepat membuat seorang pemalu jadi pandai bicara adalah dengan mengajaknya minum-minum”. Terbukti, banyak orang yang ngaku jadi lebih banyak bacot ketika mereka mabok. Nah, kalo cara ngatasin orang yang pengennya cuma didengerin tapi ga mau ngedengerin gimana?!

IMG-20170402-WA0000

Dia Butuh Validasi. Coba Kasih Lah Dikit.

Bencik ga sih urusan sama orang yang kalo ngobrol aja kompetitif? Chit-chat santai aja dijadiin ajang buat nunjukin kalo dia yang ter-intelek. Gw banyak tuh ketemu orang macem begitu. Ketika pengetahuanya disanggah atau dilawan, biasanya dia bakal ninggiin suaranya. Menurut gw, meninggikan suara itu manifestasi ga ada nya keinginan ngedenger suara lain kecuali suara dia. Nah, kalo omongan dia kebukti salah, ga ada cerita dia bakal berbesar hati ngakuinnya. Paling dia bete terus bilang,

“Ya ga tau. Yang gw tau sih begitu.”

Lalu suasana canggung.

Solusi yang Gw Lakuin:

Kalo gw setuju sama omongan dia, gw akan akui. Kalo ga setuju, gw akan bilang bahwa gw ngerti cara pandang dia, tapi gw tetep dengan pendirian gw. Menurut observasi gw, yang paling dia butuhin adalah validasi bahwa omongan dia bener. Bisa jadi di lingkungannya yang lain dia ga didenger atau bahkan disepelein. Atau dia sering berada di lingkungan yang juga kompetitif. Sayangnya, di lingkungan ini dia ga cukup jago dalam ‘perlombaan siapa paling tau’. Sekalinya ketemu lingkungan yang menurutnya dia bisa jadi spotlight, dia lupa dengan rasa jengkel yang ditimbulin orang yang sikapnya berasa sehebat Google.

Cek Cara Dia Dibesarkan Orang Tuanya

Setiap gw liat nyokap gw dan kelima adik-adiknya ngobrol, gw berasa kaya lagi liat lomba debat tanpa sesi dengar pendapat. Mereka bisa ngomong dalam waktu bersamaan tanpa peduli kalo ada orang lain yang lagi ngomong. Satu sama lain sering banget motong omongan dan ga dengerin apa yang lagi dijelasin. Kalopun mereka ngederin, nampaknya mereka sebenernya lagi bersiap-siap untuk ngebales omongan daripada berusaha mengerti apa yang lawan bicara lagi sampaikan. Yang bikin makin parah adalah mereka melakukan ini dengan volume suara yang tinggi. 100% chaos.

Solusi yang Gw Lakuin:

Karena ini nyokap gw, gw tanya baik-baik kenapa sesi ngobrol sama sodara sendiri berasa lagi debat rebutan tanah sengketa padahal sebenernya mereka ga lagi berantem. Siapa tau ini nurun ke gw. Nyokap ngejalasin kalo pas mereka kecil, mereka ga pernah diajarin untuk berpendapat. Jaman dulu, kebanyakan orang tua sangat otoriter, termasuk orang tua mereka. Tugas anak hanya mendengarkan, tidak boleh menambahkan, apalagi keberatan, yang penting melaksanakan. Ketika si anak beranjak dewasa dan mandiri, anak lebih percaya diri untuk bersuara. Tapi, keinginan untuk berpendapat udah terlalu lama dipendam.  Alhasil, jadinya membludak membuncah bak air bah.

Kalo Orang Nyebelin Ini Hot, Coba Lebih Sabar.

Cowo ini hot. Hot as hell. Kalo gw ajak dia ke acara apapun, semua temen gw berdecak kagum lalu berbisik, “Anjinggg… seger banget”. Tapi…. mulai dari kencan pertama sampai kencan berikut-berikutnya, kalo kita ngobrol, kebanyakan dia yang cerita tentang diri dia sendiri atau dia nunggu ditanya. Gw bakal ditanya, tapi cuma sedetik. Abis itu ganti topik lain yang menurut dia lebih menarik. Selain itu, kalo gw lagi ngomong, tingkah dia kaya yang ga ngedengerin. Kaya ada hal lain yang dia pikirin dan jarang ada eye contact. Padahal tatapan dia juga hot banget 😦

Solusi yang Gw Lakuin:

Sekali lagi gw tekankan kalo dia hot as hell. Maka gw rela berkali-kali kencan sama dia untuk lebih memahaminya. Gw pernah nanya kenapa dia begitu. Cowo hot as hell ini bilang kalo dia orang nya gampang ke-distract. Selain itu juga dia punya masalah dalam berkomunikasi. Hmm.. mungkin maksud dia punya masalah berkomunikasi dua arah kali ya. Kalo komunikasi satu arah sih nampaknya dia udah ahli. Setelah beberapa bulan, lapisan kesabaran gw terkikis dan akhirnya I gave up on his pretty face.

~yeah… you got that good stuff but that don’t last… so I just can’t rely on you~
[Paloma Faith – Can’t Rely On You]

Kelakuan Kamu di Instagram Kaya Apa Sih?

Iseng-iseng observasi postingan orang-orang (termasuk gw sendiri) di Instagram. Trus kepikiran untuk bikin kategori perilaku pengguna Instagram berdasarkan postingan-nya. Lalu, beberapa perilaku ini dianalogikan dengan ruangan yang biasa kita temui sehari-hari.

1. Instagram Adalah Kamar

Kamar adalah tempat di mana lo total jadi diri sendiri. Di sini, lo hapus make up, lepas bra, tidur terlentang, nangis, ataupun nulis diary. Perilaku orang-orang di kategori ini biasanya berani tampil tanpa berdandan di Instagram dan nunjukkin sisi ter-natural-nya. Sering juga mereka marah-marah di Instastory, curhat panjang di caption, ataupun posting foto dengan pose nangis.

2. Instagram Adalah Etalase

Gunanya etalase adalah memamerkan sesuatu agar dilihat orang. Ketika lo stalking Instagram mereka yang masuk di kelompok ini, lo akan merasa bagai dalam ruang pameran karena fokus setiap postingan adalah barangnya. Konten bisa berbentuk postingan barang baru dengan caption ucapan syukur kepada sang pemberi atau sekalian saja caption quotes yang ga nyambung sama sekali. Contoh postingan lainnya adalah deretan jepretan pemandangan, koleksi perhiasan, foto-foto kucing kesayangan, mobil kesayangan, panci kesayangan atau apapun lah yang jadi hobinya.

3. Instagram Adalah Dapur

Ketebak dong orang-orang dalam kategori ini doyan ngapain di Instagram. Tentunya posting makanan sebelum dan sesudah dimakan. Selain tujuan estetika, mereka juga bermaksud bikin followers-nya tergoda. Contohnya, mereka akan posting Boomerang ketika mereka menyeruput mie kuah di kala hujan atau Instastory ketika mereka menjilati satu persatu jari mereka yang berlumuran gulai dan remah-remah nasi ketika mereka selesai makan nasi padang. 

4. Instagram Adalah Ruang Belajar

Seperti judul klasifikasinya, mereka berusaha agar setiap postingan nya bisa berfaedah bagi followers-nya. Tidak hanya informatif tapi juga inspiratif. Mulai dari laporan titik kemacetan jalan, ilham #relationshipgoal melalui foto liburan bareng pacar, sampai quotes berbahasa asing yang maknanya ga tau pasti apa tapi karna ada satu atau dua kata yang kebeneran pas sama mood kala itu jadi langsung diposting.

5. Instagram Adalah …

Gw masih pusing sama jenis grup ini. Yang pasti 95% postingan mengandung muka si pemilik Instagram. Entah terlalu mencintai diri sendiri, entah merasa bahwa eksistensi wajah sang pemilik selalu dianggap punya value lebih dibandingkan objek lain apapaun di dunia ini. Ga ada tuh cerita foto segelas kopi tok gitu aja jadi bahan postingan. Bahkan foto dateng ke kawinan temen pun, orang yang kawinan nya ga ada di foto, hanya caption ucapan selamat menempuh bahtera hidup baru saja yang menemani foto dengan muka sang pemilik akun. 

Bisa tolong bantu kasih nama untuk kategori terakhir ini? Kebetulan gw masuk di dalamnya. Biasalah menilai orang lain kadang lebih gampang daripada menilai diri sendiri.

3 Manfaat Ikut Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi (KI) adalah program sosial di mana para profesional diajak untuk berbagi cerita tentang profesinya masing-masing dan menginspirasi bocah-bocah Sekolah Dasar (SD) di pinggiran kota untuk bermimpi besar. 

Gw jadi relawan pengajar dengan profesi Master of Ceremony (MC) di KI Bandung Batch 5. Proses KI yang singkat berhasil bikin gw merasa kaya raya…

1. Secara Perspektif

Selama sehari, gw jadi guru SDN Bojongloa II ​dengan 30-40an siswa per kelas dan fasilitas seadanya. Kesabaran, stamina, dan kreatifitas sangat diuji. Sekarang gw merasa kalo guru-guru SD sangat patut digaji lebih baik, dibekali training kreatifitas yang praktikal, dan difasilitasi liburan rutin. Hal-hal ini bisa bikin mereka lebih bahagia dan mereka bisa menyebarkan good vibe itu di lingkungan sekolahnya.

2. Secara Networking

Setelah pengumuman seleksi, para relawan ikut briefing lalu dikelompokkan. Teman-teman sekelompok gw ini yang pasti akan jadi networking baru gw. Sekarang gw punya teman yang berprofesi sebagai atlit angkat besi, aircraft engineer, tukang sablon, videographer, konsultan lingkungan, trauma healer, dll. Gw yakin, pekerjaan-pekerjaan yang kebanyakan ga disebutin dalam lagu Cita-citaku punya Susan dan Ka Ria Enes ini akan berguna buat gw nantinya.

3. Secara CV/Resume

Setelah acara selesai, gw update bagian Pengalaman Kegiatan Sosial di CV gw. Mungkin bocah-bocah SD yang gw ajar belum tentu secara instan terinspirasi untuk jadi MC, tapi yang pasti gw bisa membuktikan kepada yang baca CV kalo gw punya rasa empati.

​​

3 Tipe Teman Yang Asyik Diajak ke Kawinan

Jangan gusar kalo lo belum menemukan teman hidup yang tepat. Lo bisa persiapkan diri lo untuk masuk ke tahap itu dengan menemukan teman yang pas untuk datang ke kawinan terlebih dulu.

Setelah bergonta-ganti pasangan ke kawinan, gw menarik kesimpulan bahwa teman yang asyik diajak ke kawinan adalah teman seperti berikut ini.

1. Free Food Enthusiast

Banyak atau sedikit porsi makanannya, tipe teman yang menyambut gembira kesempatan makan gratis wajib diajak ke kawinan. Dia pun dengan lantang mendeklarasikan bahwa dia berpuasa sebelum dateng ke kawinan agar baso tahu, zupa zupa, mie kocok, dan hidangan tipikal kawinan lainnya bisa berkumpul bersama di perut kosongnya.

2. Sigap

Kawinan adalah acara dimana kamu menikmati momen bersama mempelai, momen berpakaian dan berdandan spesial, dan momen bertemu teman serta (mungkin) mantan. Teman sigap akan membantu kamu mengambil foto di pelaminan dengan mempelai. Dia juga akan menawarkan diri mengabadikan penampilan kamu hari itu dengan berbagai angle dan background. Tentunya, dia ga akan BT ketika kamu ngobrol sama teman-teman kamu yang lain. Justru dia sigap mendengarkan obrolan agar bisa ikut gabung di dalamnya. Yang paling krusial adalah ketika kamu ketemu mantan di kawinan, dia akan sigap melihat reaksi kamu dan menanyakan perasaan kamu lalu membantu kamu mengatasinya.

3. Available

Available di sini adalah yang jadwalnya kosong hari itu. Percuma aja dia punya dua kualitas di atas tapi ga bisa dateng. Ya kan? Sekian. Terima kasih.

Kasih Tebengan ke Hitchhiker

Hitchhiking, minta tebengan ke orang asing yang lewat di jalan, adalah konsep yang ga begitu populer di Indonesia. Banyak yang tau sih, tapi dari TV. Kalo lo kira gw pernah, lo salah.  Gw pernah nya ngasih tebengan.

Kebeneran, hitchhiker yang gw kasih tebengan adalah orang Inggris dan Spanyol yang gw  dan mantan gw liat ketika lagi nyetir nyari sate Maranggi di Purwakarta. Setelah ngeliat mereka berdiri di pinggir jalan sambil menenteng dua potongan kardus bertuliskan “Nebeng” dan “Jakarta”, langsung lah rencana hari itu berubah total.

Tiga alasan kenapa kami ngasih tebengan:

1. Kami suka traveling, jadi siapa tau nanti giliran kami yang butuh tebengan.

2. Kami kasian aja kalo mereka ketemu orang jahat.  Sedangkan potensi bahaya buat kami sendiri kecil karena mereka bukan asli sini.  Jadi, kami berfikir kalo mereka pasti ga akan macem-macem.

3. Seru aja ngelakuin hal baru.

Waktu mobil kami ngelewatin mereka, kami ga langsung berhenti. Kami baru melipir sekitar 50 meter dari mereka. Kami bingung banget mau kasih tebengan apa engga karena kami deg-degan sendiri.  Tegang karena kami akan ngerubah seluruh rencana hari itu demi nganterin orang yang ga dikenal ke Jakarta yang jaraknya tiga jam dari Purwakarta. Lalu kami juga bingung nanti gimana rasanya di dalem mobil bareng mereka.  Pas kami lagi ribet diskusi, mereka jalan ke arah kami.  Di mobil kami heboh sendiri sama pilihan antara makan sate yang bisa dilakuin kapan aja atau ngangkut hitchhiker yang bisa jadi pengalaman baru dan cerita seru.  Susah ya pilihannya?  Susah tauk! Karena biasanya yang seru perlu usaha lebih.

Sampai dengan mereka selangkah lagi dari mobil kami, keputusan belum diambil. Pas mereka jalan tepat di samping pintu depan mobil, gw langsung nurunin jendela dan menyapa kedua hitchhiker (HH) yang keringetan itu.

Gw: “Hi! Do you need a free ride?”

HH: “Are you heading to Jakarta?”

Gw: “Actually, no.  But, it’s OK.  We can take you there.”

HH: “But we don’t want to burden you.”

Gw: “It’s fine.  We don’t really have anything to do.”

Aku berdusta.

Setelah mereka masukin barang ke bagasi, masuklah mereka ke mobil. Kenalan standar tanya-tanya nama tapi gw lupa nama mereka siapa aja haha. Yang pasti mereka pacaran dan kerja sebagai guru Bahasa Inggris di Vietnam. Mereka mau ke Jakarta ketemu sama temen dari Couchsurfing.

Satu jam pertama bareng mereka di mobil kaku sih kaya kolor baru.  Tiga jam bersama udah cair tuh apalagi kami berempat mulai cerita-cerita soal pengalaman pribadi sambil makan siang bareng. Setelah lima jam ngobrol, gw sakit leher karena harus nengok-nengok ke belakang mulu. Sedangkan jam-jam terakhir berisi komplikasi masalah menuju ke meeting point si temen mereka ini karena GPS gw sama mantan gw ga ada yang bisa dipake dan HP kedua hitchhiker ini ga ada koneksi internet nya.

Akhirnya, berhasil bertemulah mereka sama temennya ini yang ternyata adalah ibu-ibu standar  yang kalo lo liat di jalan ga akan nyangka dia doyan traveling dan couchsurfing. Lalu kami berlima ngobrol-ngobrol di depan convenience store dan tukeran kontak. Gw juga lupa nama si ibu itu dan kontaknya pun ilang bersamaan dengan rusaknya HP gw. Kami berdua pamit sama mereka, peluk-pelukan, dan berpisah.

Di perjalan pulang ke kota kami, Bandung, ada beberapa hal yang kami rasakan:

1. Lega karena bisa bantu orang lain.

2. Ga percaya karena bisa ngelakuin hal beda dan dapet temen baru dengan cara yang ga diduga-duga.

3. Bangga karena kami bisa ngobrol komunikatif dalam bahasa Inggris, ngatasin perbedaan budaya, dan nunjukin image yang baik tentang orang-orang Indonesia.

4. Kaget karena sadar bahwa ternyata si ibu-ibu standar itu pernah gw liat di TV! Gw inget dia diwawancara di MNC! Topiknya juga seputar pengalaman traveling dia di banyak negara!

Wah gila sih.  Hari itu terlalu keren.