Kasih Tebengan ke Hitchhiker

Hitchhiking, minta tebengan ke orang asing yang lewat di jalan, adalah konsep yang ga begitu populer di Indonesia. Banyak yang tau sih, tapi dari TV. Kalo lo kira gw pernah, lo salah.  Gw pernah nya ngasih tebengan.

Kebeneran, hitchhiker yang gw kasih tebengan adalah orang Inggris dan Spanyol yang gw  dan mantan gw liat ketika lagi nyetir nyari sate Maranggi di Purwakarta. Setelah ngeliat mereka berdiri di pinggir jalan sambil menenteng dua potongan kardus bertuliskan “Nebeng” dan “Jakarta”, langsung lah rencana hari itu berubah total.

Tiga alasan kenapa kami ngasih tebengan:

1. Kami suka traveling, jadi siapa tau nanti giliran kami yang butuh tebengan.

2. Kami kasian aja kalo mereka ketemu orang jahat.  Sedangkan potensi bahaya buat kami sendiri kecil karena mereka bukan asli sini.  Jadi, kami berfikir kalo mereka pasti ga akan macem-macem.

3. Seru aja ngelakuin hal baru.

Waktu mobil kami ngelewatin mereka, kami ga langsung berhenti. Kami baru melipir sekitar 50 meter dari mereka. Kami bingung banget mau kasih tebengan apa engga karena kami deg-degan sendiri.  Tegang karena kami akan ngerubah seluruh rencana hari itu demi nganterin orang yang ga dikenal ke Jakarta yang jaraknya tiga jam dari Purwakarta. Lalu kami juga bingung nanti gimana rasanya di dalem mobil bareng mereka.  Pas kami lagi ribet diskusi, mereka jalan ke arah kami.  Di mobil kami heboh sendiri sama pilihan antara makan sate yang bisa dilakuin kapan aja atau ngangkut hitchhiker yang bisa jadi pengalaman baru dan cerita seru.  Susah ya pilihannya?  Susah tauk! Karena biasanya yang seru perlu usaha lebih.

Sampai dengan mereka selangkah lagi dari mobil kami, keputusan belum diambil. Pas mereka jalan tepat di samping pintu depan mobil, gw langsung nurunin jendela dan menyapa kedua hitchhiker (HH) yang keringetan itu.

Gw: “Hi! Do you need a free ride?”

HH: “Are you heading to Jakarta?”

Gw: “Actually, no.  But, it’s OK.  We can take you there.”

HH: “But we don’t want to burden you.”

Gw: “It’s fine.  We don’t really have anything to do.”

Aku berdusta.

Setelah mereka masukin barang ke bagasi, masuklah mereka ke mobil. Kenalan standar tanya-tanya nama tapi gw lupa nama mereka siapa aja haha. Yang pasti mereka pacaran dan kerja sebagai guru Bahasa Inggris di Vietnam. Mereka mau ke Jakarta ketemu sama temen dari Couchsurfing.

Satu jam pertama bareng mereka di mobil kaku sih kaya kolor baru.  Tiga jam bersama udah cair tuh apalagi kami berempat mulai cerita-cerita soal pengalaman pribadi sambil makan siang bareng. Setelah lima jam ngobrol, gw sakit leher karena harus nengok-nengok ke belakang mulu. Sedangkan jam-jam terakhir berisi komplikasi masalah menuju ke meeting point si temen mereka ini karena GPS gw sama mantan gw ga ada yang bisa dipake dan HP kedua hitchhiker ini ga ada koneksi internet nya.

Akhirnya, berhasil bertemulah mereka sama temennya ini yang ternyata adalah ibu-ibu standar  yang kalo lo liat di jalan ga akan nyangka dia doyan traveling dan couchsurfing. Lalu kami berlima ngobrol-ngobrol di depan convenience store dan tukeran kontak. Gw juga lupa nama si ibu itu dan kontaknya pun ilang bersamaan dengan rusaknya HP gw. Kami berdua pamit sama mereka, peluk-pelukan, dan berpisah.

Di perjalan pulang ke kota kami, Bandung, ada beberapa hal yang kami rasakan:

1. Lega karena bisa bantu orang lain.

2. Ga percaya karena bisa ngelakuin hal beda dan dapet temen baru dengan cara yang ga diduga-duga.

3. Bangga karena kami bisa ngobrol komunikatif dalam bahasa Inggris, ngatasin perbedaan budaya, dan nunjukin image yang baik tentang orang-orang Indonesia.

4. Kaget karena sadar bahwa ternyata si ibu-ibu standar itu pernah gw liat di TV! Gw inget dia diwawancara di MNC! Topiknya juga seputar pengalaman traveling dia di banyak negara!

Wah gila sih.  Hari itu terlalu keren.

Leave a Reply

