Kelakuan Kamu di Instagram Kaya Apa Sih?

Iseng-iseng observasi postingan orang-orang (termasuk gw sendiri) di Instagram. Trus kepikiran untuk bikin kategori perilaku pengguna Instagram berdasarkan postingan-nya. Lalu, beberapa perilaku ini dianalogikan dengan ruangan yang biasa kita temui sehari-hari.

1. Instagram Adalah Kamar

Kamar adalah tempat di mana lo total jadi diri sendiri. Di sini, lo hapus make up, lepas bra, tidur terlentang, nangis, ataupun nulis diary. Perilaku orang-orang di kategori ini biasanya berani tampil tanpa berdandan di Instagram dan nunjukkin sisi ter-natural-nya. Sering juga mereka marah-marah di Instastory, curhat panjang di caption, ataupun posting foto dengan pose nangis.

2. Instagram Adalah Etalase

Gunanya etalase adalah memamerkan sesuatu agar dilihat orang. Ketika lo stalking Instagram mereka yang masuk di kelompok ini, lo akan merasa bagai dalam ruang pameran karena fokus setiap postingan adalah barangnya. Konten bisa berbentuk postingan barang baru dengan caption ucapan syukur kepada sang pemberi atau sekalian saja caption quotes yang ga nyambung sama sekali. Contoh postingan lainnya adalah deretan jepretan pemandangan, koleksi perhiasan, foto-foto kucing kesayangan, mobil kesayangan, panci kesayangan atau apapun lah yang jadi hobinya.

3. Instagram Adalah Dapur

Ketebak dong orang-orang dalam kategori ini doyan ngapain di Instagram. Tentunya posting makanan sebelum dan sesudah dimakan. Selain tujuan estetika, mereka juga bermaksud bikin followers-nya tergoda. Contohnya, mereka akan posting Boomerang ketika mereka menyeruput mie kuah di kala hujan atau Instastory ketika mereka menjilati satu persatu jari mereka yang berlumuran gulai dan remah-remah nasi ketika mereka selesai makan nasi padang. 

4. Instagram Adalah Ruang Belajar

Seperti judul klasifikasinya, mereka berusaha agar setiap postingan nya bisa berfaedah bagi followers-nya. Tidak hanya informatif tapi juga inspiratif. Mulai dari laporan titik kemacetan jalan, ilham #relationshipgoal melalui foto liburan bareng pacar, sampai quotes berbahasa asing yang maknanya ga tau pasti apa tapi karna ada satu atau dua kata yang kebeneran pas sama mood kala itu jadi langsung diposting.

5. Instagram Adalah …

Gw masih pusing sama jenis grup ini. Yang pasti 95% postingan mengandung muka si pemilik Instagram. Entah terlalu mencintai diri sendiri, entah merasa bahwa eksistensi wajah sang pemilik selalu dianggap punya value lebih dibandingkan objek lain apapaun di dunia ini. Ga ada tuh cerita foto segelas kopi tok gitu aja jadi bahan postingan. Bahkan foto dateng ke kawinan temen pun, orang yang kawinan nya ga ada di foto, hanya caption ucapan selamat menempuh bahtera hidup baru saja yang menemani foto dengan muka sang pemilik akun. 

Bisa tolong bantu kasih nama untuk kategori terakhir ini? Kebetulan gw masuk di dalamnya. Biasalah menilai orang lain kadang lebih gampang daripada menilai diri sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s