3 Manfaat Ikut Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi (KI) adalah program sosial di mana para profesional diajak untuk berbagi cerita tentang profesinya masing-masing dan menginspirasi bocah-bocah Sekolah Dasar (SD) di pinggiran kota untuk bermimpi besar. 

Gw jadi relawan pengajar dengan profesi Master of Ceremony (MC) di KI Bandung Batch 5. Proses KI yang singkat berhasil bikin gw merasa kaya raya…

1. Secara Perspektif

Selama sehari, gw jadi guru SDN Bojongloa II ​dengan 30-40an siswa per kelas dan fasilitas seadanya. Kesabaran, stamina, dan kreatifitas sangat diuji. Sekarang gw merasa kalo guru-guru SD sangat patut digaji lebih baik, dibekali training kreatifitas yang praktikal, dan difasilitasi liburan rutin. Hal-hal ini bisa bikin mereka lebih bahagia dan mereka bisa menyebarkan good vibe itu di lingkungan sekolahnya.

2. Secara Networking

Setelah pengumuman seleksi, para relawan ikut briefing lalu dikelompokkan. Teman-teman sekelompok gw ini yang pasti akan jadi networking baru gw. Sekarang gw punya teman yang berprofesi sebagai atlit angkat besi, aircraft engineer, tukang sablon, videographer, konsultan lingkungan, trauma healer, dll. Gw yakin, pekerjaan-pekerjaan yang kebanyakan ga disebutin dalam lagu Cita-citaku punya Susan dan Ka Ria Enes ini akan berguna buat gw nantinya.

3. Secara CV/Resume

Setelah acara selesai, gw update bagian Pengalaman Kegiatan Sosial di CV gw. Mungkin bocah-bocah SD yang gw ajar belum tentu secara instan terinspirasi untuk jadi MC, tapi yang pasti gw bisa membuktikan kepada yang baca CV kalo gw punya rasa empati.

​​

Leave a Reply

