3 Solusi Menghadapi Orang yang Cuma Mau Didengerin Tapi Ga Mau Ngedengerin

Orang bijak mengatakan, “Cara tepat membuat seorang pemalu jadi pandai bicara adalah dengan mengajaknya minum-minum”. Terbukti, banyak orang yang ngaku jadi lebih banyak bacot ketika mereka mabok. Nah, kalo cara ngatasin orang yang pengennya cuma didengerin tapi ga mau ngedengerin gimana?!

IMG-20170402-WA0000

Dia Butuh Validasi. Coba Kasih Lah Dikit.

Bencik ga sih urusan sama orang yang kalo ngobrol aja kompetitif? Chit-chat santai aja dijadiin ajang buat nunjukin kalo dia yang ter-intelek. Gw banyak tuh ketemu orang macem begitu. Ketika pengetahuanya disanggah atau dilawan, biasanya dia bakal ninggiin suaranya. Menurut gw, meninggikan suara itu manifestasi ga ada nya keinginan ngedenger suara lain kecuali suara dia. Nah, kalo omongan dia kebukti salah, ga ada cerita dia bakal berbesar hati ngakuinnya. Paling dia bete terus bilang,

“Ya ga tau. Yang gw tau sih begitu.”

Lalu suasana canggung.

Solusi yang Gw Lakuin:

Kalo gw setuju sama omongan dia, gw akan akui. Kalo ga setuju, gw akan bilang bahwa gw ngerti cara pandang dia, tapi gw tetep dengan pendirian gw. Menurut observasi gw, yang paling dia butuhin adalah validasi bahwa omongan dia bener. Bisa jadi di lingkungannya yang lain dia ga didenger atau bahkan disepelein. Atau dia sering berada di lingkungan yang juga kompetitif. Sayangnya, di lingkungan ini dia ga cukup jago dalam ‘perlombaan siapa paling tau’. Sekalinya ketemu lingkungan yang menurutnya dia bisa jadi spotlight, dia lupa dengan rasa jengkel yang ditimbulin orang yang sikapnya berasa sehebat Google.

Cek Cara Dia Dibesarkan Orang Tuanya

Setiap gw liat nyokap gw dan kelima adik-adiknya ngobrol, gw berasa kaya lagi liat lomba debat tanpa sesi dengar pendapat. Mereka bisa ngomong dalam waktu bersamaan tanpa peduli kalo ada orang lain yang lagi ngomong. Satu sama lain sering banget motong omongan dan ga dengerin apa yang lagi dijelasin. Kalopun mereka ngederin, nampaknya mereka sebenernya lagi bersiap-siap untuk ngebales omongan daripada berusaha mengerti apa yang lawan bicara lagi sampaikan. Yang bikin makin parah adalah mereka melakukan ini dengan volume suara yang tinggi. 100% chaos.

Solusi yang Gw Lakuin:

Karena ini nyokap gw, gw tanya baik-baik kenapa sesi ngobrol sama sodara sendiri berasa lagi debat rebutan tanah sengketa padahal sebenernya mereka ga lagi berantem. Siapa tau ini nurun ke gw. Nyokap ngejalasin kalo pas mereka kecil, mereka ga pernah diajarin untuk berpendapat. Jaman dulu, kebanyakan orang tua sangat otoriter, termasuk orang tua mereka. Tugas anak hanya mendengarkan, tidak boleh menambahkan, apalagi keberatan, yang penting melaksanakan. Ketika si anak beranjak dewasa dan mandiri, anak lebih percaya diri untuk bersuara. Tapi, keinginan untuk berpendapat udah terlalu lama dipendam.  Alhasil, jadinya membludak membuncah bak air bah.

Kalo Orang Nyebelin Ini Hot, Coba Lebih Sabar.

Cowo ini hot. Hot as hell. Kalo gw ajak dia ke acara apapun, semua temen gw berdecak kagum lalu berbisik, “Anjinggg… seger banget”. Tapi…. mulai dari kencan pertama sampai kencan berikut-berikutnya, kalo kita ngobrol, kebanyakan dia yang cerita tentang diri dia sendiri atau dia nunggu ditanya. Gw bakal ditanya, tapi cuma sedetik. Abis itu ganti topik lain yang menurut dia lebih menarik. Selain itu, kalo gw lagi ngomong, tingkah dia kaya yang ga ngedengerin. Kaya ada hal lain yang dia pikirin dan jarang ada eye contact. Padahal tatapan dia juga hot banget 😦

Solusi yang Gw Lakuin:

Sekali lagi gw tekankan kalo dia hot as hell. Maka gw rela berkali-kali kencan sama dia untuk lebih memahaminya. Gw pernah nanya kenapa dia begitu. Cowo hot as hell ini bilang kalo dia orang nya gampang ke-distract. Selain itu juga dia punya masalah dalam berkomunikasi. Hmm.. mungkin maksud dia punya masalah berkomunikasi dua arah kali ya. Kalo komunikasi satu arah sih nampaknya dia udah ahli. Setelah beberapa bulan, lapisan kesabaran gw terkikis dan akhirnya I gave up on his pretty face.

~yeah… you got that good stuff but that don’t last… so I just can’t rely on you~
[Paloma Faith – Can’t Rely On You]

Leave a Reply

